Thursday, July 25, 2013

Ayo dukung animasi Indonesia



Salah satu hobi gue adalah menonton animasi. Gue suka animasi karena mereka menghadirkan cerita yang penuh imajinasi. Namun, terkadang engga jarang memberikan pesan moral yang mendalam. Coba aja liat Wall – E atau Nausicaa of the Valley of the Wind. Dua animasi ini adalah dua dari banyaknya animasi yang menghadirkan pesan moral yang keren menurut gue. Mereka mengajarkan tentang pentingnya menjaga bumi.

Gue kagum sama animasi buatan walt disney, pixar, dan studio ghibli. Tapi, terkadang gue berpikir kapan Indonesia akan membuat animasi yang keren seperti mereka. Asal kalian tau, animasi merupakan salah satu bidang menjanjikan. 

Menurut penelitian, pokemon sudah menghasilkan 150 triliun rupiah sejak dia diciptakan. Aditya, Wahyu. 2013. Sila ke 6 : Kreatif Sampai Mati. Yogyakarta: Bentang. (halaman xvi)

Nah tuh, keren kan.

Sebenernya udah banyak para animator handal di Indonesia, bahkan ada yang bekerja dalam penggarapan film Tintin (Rini Sugianto) dan Pacific Rim (Ronny Gani). Studio Animasi pun telah banyak bermunculan di Indonesia. Kalian bisa liat beberapa studio animasi di Indonesia di sini http://www.ainaki.or.id/index.php/members. Beberapa film animasi pun udah ada yang diangkat ke layar lebar contohnya Meraih Mimpi. Dan baru – baru ini ada studio animasi bernama MSVpictures, mereka sedang memproduksi sebuah film animasi berjudul Battle of Surabaya. Ini dia trailernya.



Gue rasa untuk saat ini sumber daya manusia bukanlah hambatan untuk dunia animasi Indonesia. Yang gue rasa kurang adalah dukungan kita terhadap karya – karya mereka. Kita terkadang sering komentar,

“Ah kaku,...”
“Ah Ceritanya ngebosenin,....”

Mungkin aja itu bener tapi alangkah baiknya kita ubah komentar kita jadi seperti ini,...

“Wah bagus nih. Tapi, Aku ko ngerasa kaku ya pas bagian....., coba deh di buat......”

Para animator tuh butuh komentar, tapi tentunya bukan komentar yang asal jadi. 

Mereka butuh dukungan kita.  Kalau punya uang banyak, biayain produksi mereka, tonton film mereka, beli dvd original mereka, dst.

Kalau engga punya uang ? Ya, seengganya dukung mereka dengan komentar yang membangun. Mereka butuh komentar yang membangun :)

Oh iya, ini ada audisi dari MSVpictures. Mereka lagi cari pengisi suara untuk film Battle of Surabaya. Dengan ikut lomba ini kalian bisa jadi bagian dari pergerakan animasi Indonesia, tambah pengalaman, dan  kalau lolos bisa dapet duit. Lumayan lah buat borong jajanan di Sevel.

    
Info lebih lanjut klik >>> https://www.facebook.com/BattleOfSurabayaTheMovie

Setiap langkah besar diawali dari langkah kecil, jadi ngelangkah aja dulu dan sambil ngelangkah coba belajar bagaimana cara melangkah yang bener.
 
MAJU TERUS ANIMASI INDONESIA :)

Juno

1 comment :

  1. Saluut.... gini nih cara bikin anak muda maju, berkarya, dan mencintai negaranya :D

    ReplyDelete