Monday, August 25, 2014

Ayo Kita Mulai Lagi

Gue rasa ini adalah kesalahan terbesar yang pernah gue lakukan selama masa perkuliahan gue hingga hari ini.
---

Hari ini, 25 Agustus 2014 adalah Seminar Proposal pertama dalam hidup gue dan mungkin juga menjadi Seminar Proposal pertama dalam sejarah pendidikan keluarga ini. Seperti hal pertama lainnya yang pernah gue alami, selalu ada perasaan tegang dan khawatir dihati. Tapi, khawatir yang satu ini berbeda dari rasa khawatir yang selama ini gue alami. Kekhawatirannya sudah muncul seminggu sebelum acara itu ada. Dan akhirnya kekhawatiran itu terbukti, Seminar Proposal tadi siang menghasilkan sebuah kesimpulan. Bahwa, gue harus mengubah penelitian gue.

Sebenarnya, gue udah tau ini akan terjadi. Karena sehari sebelum pengumpulan berkas, gue baca lagi tiap paragraf dari skripsi gue. Gue baca, gue baca, dan gue baca. Engga ada kepuasan yang gue dapatkan dari tulisan gue. Waktu itu sempat berpikir untuk mundur dari Seminar Proposal. Tapi, gue udah daftar, udah ada persetujuan dosen pembimbing, dan udah menyelesaikan dua bab. Jadi, buat apa mundur ?

Dan seketika itu juga gue akhirnya berpikir, untuk tetap maju sempro.

Lagi pula, gue adalah tipe orang yang sulit untuk membuat tulisan yang sistematis dan ilmiah. Kalau orang lain butuh 3 kali konsultasi untuk selesai, gue mungkin butuh 4 sampai 5 kali. Jadi, lebih baik gue ikut Seminar Proposal hari ini lalu ganti penelitian daripada harus ikut Seminar Proposal tahun depan.

Menulis dari awal memang engga mudah, tapi ya udah. Yang gue bisa lakukan adalah menulisnya kembali. Karena gue selalu percaya, tulisan yang baik adalah tulisan yang sudah ada. Karena kalau sudah ada, kalau jelek bisa di edit kalau bagus ya di lanjutkan.


 AYO KITA MULAI LAGI.


Salam

Juno

No comments :

Post a Comment