Saturday, February 23, 2013

Juno (lagi) bijak : Inspirasi



Hari ini ada rasa syukur yang berlimpah,

Bersyukur masih bisa hidup di tahun 2013 dan menjadi salah satu orang yang bisa menyaksikan sebuah gerakan yang mungkin atau bahkan pasti mengubah Indonesia.


Gerakan itu adalah Kelas Inspirasi dari Indonesia mengajar.

Udah seminggu ini gue sibuk baca tweet-tweet dari @KelasInspirasi dan sesekali berkunjung ke website kelasinspirasi.org

Membaca dan melihat tweet, foto, serta artikel disana memberikan gue sensasi yang belum pernah gue dapatkan sebelumnya. Mempengaruhi gue untuk berusaha menjadi seseorang yang dapat menginspirasi. Menjadi lebih baik. Menjadi lebih berguna, setidaknya buat diri sendiri. 

Melihat foto-foto di kelasinspirasi.org membuat gue teringat dengan masa kecil gue.

Sumber : www.kelasinspirasi.org

Ketika SD gue bersekolah di sebuah sekolah yang bisa di bilang sederhana dan jauh dari kemewahan namun masih bisa nyaman untuk belajar. Sekolah itu berisi anak-anak dari golongan ekonomi menengah kebawah. Yang pada saat itu di dominasi oleh golongan ekonomi kebawah.

Masih teringat jelas di pikiran gue, saat itu satu-satunya profesi yang gue anggap keren adalah profesi seorang dokter. Memakai jas berwarna putih, menolong orang sakit, dan sebagai bonusnya mendapat gaji yang lebih dari cukup. (ya, walau nggak semua dokter kaya gitu).

Kalau ingat kejadian itu, gue jadi bersyukur dan sangat-sangat bersyukur punya orang tua yang baik dan bangga terhadap anak-anaknya. Sehingga, gue punya impian besar ketika kecil walau pada akhirnya gue ga jadi seorang dokter yang ngobatin orang sakit. Tapi, gue harap gue bisa jadi dokter yang mengobati pendidikan di Indonesia. Amin….

Di balik semua rasa syukur itu ada sebuah rasa sedih yang terselip

Gue ngerasa sedih kalau inget ada temen SD gue yang terpaksa nikah muda karena tuntutan orang tuanya. Yang dilatar belakangi faktor ekonomi.

Sedih karena ga punya kekuatan untuk menginspirasi dia mencapai impian sejatinya.

Sedih karena saat itu belum ada gerakan atau seseorang yang dapat menginspirasi.

Dan Sedih karena sampai saat ini gue ga tau bagaimana kabar dia.

Dimana pun dia, semoga dia baik-baik aja.


Melihat kelas inspirasi gue jadi sadar, anak-anak Indonesia perlu banyak Inspirasi. Perlu dorongan, perlu diberitahu kalau mereka bisa menjadi apapun yang mereka inginkan. 

Gue berkhayal dan bertekad dalam hati…..

“Gue dan temen-temen gue akan menjadi seorang professional di bidangnya masing-masing. Kami akan berbagi dan dapat menginspirasi orang lain. Sehingga, ga ada lagi “DIA” yang kehilangan impiannya”


“satrio menginspirasi dengan drumnya”


“gusti menginspirasi dengan games buatanya”


“hilman menginspirasi dengan pemikirannya”


 “dan Semoga kami semua dapat menginspirasi”

Semoga Impian dan Harapan ini akan terus ada dan menemani perjalanan hidup gue. Sampai akhirnya semua Impian dan Harapan itu terwujud. Amin...  

Salam Juno

Untuk teman kecil yang entah ada dimana

2 comments :