Sunday, October 13, 2013

My Father is Guardian


“Melelahkan sekali kalau kita terus mengejar pengakuan dari orang lain. Kepuasan itu datangnya dari hati bukan dari orang-orang yang disana. Apa sih artinya kebanggaan buat elo ?”

Bagi gue kebanggaan adalah sebuah keadaan dimana kita tidak pernah malu menunjukkan apa yang kita miliki. Sehingga, membuat kita tanpa ragu dapat berkata...

“Inilah gue apa adanya”
________________________________

Ayah bekerja sebagai Penjaga Sekolah. Kalau ditanya apa aja yang dikerjakannya. Maka, gue akan menjawab BANYAK dan mungkin jawaban gue akan membuat kalian berpikir dua kali untuk mengambil profesi ini. Banyak hal yang dikerjakan ayah. Dia menyapu lantai dan halaman. Dia mengepel toilet. Dia mengantarkan surat. Dia memfotocopy dokumen. Dia membelikan makanan. Dia menjadi petugas keamanan. Dia , dia, dia, dia mengajarkan arti kehidupan pada anaknya ini.

Kehidupan adalah kebanggaan, dedikasi, dan cinta. Bangga terhadap apa yang dimiliki, dedikasi untuk pekerjaan, dan cinta terhadap keluarga.

Banyak orang yang terkadang meremehkan pekerjaan ayah. Bahkan orang tua dari teman gue pun pernah melakukan itu.

Waktu itu gue masih kelas 5 SD. Saat itu sedang pembagian rapot. Gue saat itu selalu masuk ranking 3 besar. Dari kejauhan gue liat ada seorang anak yang sedang dimarahi oleh ayahnya. Ternyata itu Tomy (bukan nama sebenarnya). Gue pun mendekat untuk tahu kenapa dia dimarahi. Dia dimarahi karena nilai rapor nya dibawah rata-rata.

Ayahnya terus aja memarahinya,

“kamu ini gimana sih tom... memangnya kamu engga belajar”
“kamu main aja sih”
Bla... bla.... bla...

Sampai akhirnya kalimat itu keluar.

“Masa kalah sama anak penjaga sekolah”

Mendengar itu gue cuma bisa senyum. Kejadian itu mengajarkan gue dua hal. Yang pertama, orang tua terkadang melakukan banyak hal untuk memotivasi anaknya. Saat gue nanti menjadi orang tua, gue akan memotivasi anak gue dengan cara yang bijak. Yang kedua, kebanggaan itu sederhana. Saat kita bangga, hati kita akan puas walaupun kita tidak pernah mendapat pengakuan dari orang lain atau bahkan kita diremehkan.

Siapapun kamu percayalah, kamu pasti punya kebanggaan.

Inilah kebanggaan versi gue.
Apa sih arti kebanggaan buat elo ?



 


Smartfren
Live Smart

2 comments :

  1. Kelak, jika saya menjadi orang tua, saya juga ingin memberikan motivasi yang bijak pada anak :)

    ReplyDelete