Friday, July 25, 2014

Mencari

Disela khutbah jum’at tadi, tiba-tiba terpikir oleh saya tentang satu kata. Satu kata yang membuat saya sadar bahwa sebenarnya hidup saya berputar-putar pada hal yang itu-itu saja. Satu kata yang mungkin juga anda temui di kehidupan anda. Satu kata itu adalah “Mencari”

Mencari adalah kata cari yang berimbuhan Men. Mencari berarti berusaha mendapatkan (menemukan, memperoleh) sesuatu.

Mendengar kata mencari membuat saya teringat tentang kisah Nabi Ibrahim As yang sering diceritakan kepada saya ketika SD.

Ketika masih anak-anak Nabi Ibrahim As merasakan kesesatan kaumnya yang menyembah berhala. Kemudian dia berfikir tentang siapakah Tuhan yang sebenarnya. Ketika malam datang dia melihat bintang, lalu menganggapnya sebagai Tuhan. Tapi, kemudian dia sadar kalau bulan lebih besar. Lalu dianggap lah bulan sebagai Tuhannya. Tapi, ketika pagi datang bintang dan bulan menghilang. Lalu muncullah matahari, dia pun menganggap matahari sebagai Tuhannya. Tapi, ketika malam datang matahari juga ikut menghilang. Nabi Ibrahim terus mencari dan mencari hingga akhirnya dia mengetahui bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang berhak disembah.  

Dari cerita itu saya sadar bahwa mencari adalah sesuatu yang telah ada sejak dulu. Bahkan Adam dan Hawa saling mencari ketika Allah mengusir mereka dari surga. Semuanya tentang mencari. Mencari Tuhan dan mencari belahan jiwa.

Di zaman sekarang ini mencari juga menjadi satu hal yang sering kita temui dalam dunia maya. Setiap website yang ada di dunia, haruslah memiliki “search engine”. Karena website tanpa search engine seperti buku tanpa daftar isi. Kita akan sulit menemukan bagian yang ingin kita baca. Bagian yang mungkin kemarin kita tinggalkan dan ingin kita baca hari ini atau lusa. Bagian yang cukup mengetik kata “cinta” dan langsung menuju kesana, misalnya.


Mencari, dalam hidup saya adalah kata yang tak kalah penting. Saya sering mencari cara bagaimana menambah uang di dompet saya. Saya juga sering mencari cara bagaimana meningkatkan semangat saya menyelesaikan skripsi yang tak kunjung selesai. Atau hanya sekedar mencari cara bagaimana tulisan ini dapat tersampaikan dengan baik.

Semuanya tentang mencari.

Dari semua kata mencari, satu hal yang ingin saya dapatkan adalah mencari keridhoan Allah.

Salam
Mas Wahono Hayatudin

4 comments :

  1. hidup kita adalah search engine :D

    ReplyDelete
  2. Bener juga ya, bahkan semua hal ya ujung-ujungnya kita akan mencari :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Dan mungkin kini Sepatu kiri sedang mencari sepatu kanan :p

      Delete