Thursday, May 23, 2013

Pedes


Kemarin gue baru aja ngerasain rasanya sensasi makan murah meriah. Di sekitaran daerah Rawamangun, ada sebuah restoran cepat saji yang lagi ngadain promo untuk para pelajar. Hanya dengan nunjukkin kartu pelajar kita bisa makan murah meriah. Ya, cukup dengan uang Rp 5000, kalian udah bisa menikmati dua potong ayam pedes berlevel + nasi.

Secara teknis ini adalah pertama kalinya gue makan murah meriah di sebuah restoran cepat saji. Bukannya sombong atau sok kaya ya. Tapi, gue lebih milih makan di rumah makan padang atau warteg. Dari pada makan di restoran cepat saji di mal – mal itu.

Ternyata ada sensasi tersendiri ketika kita makan murah meriah. Ya, ada rasa malu – malu mau gitu. Kaya orang yang jatuh cinta tapi malu ngungkapin. Jadinya, Mau tapi malu.

Tapi kayanya hal itu engga berlaku untuk temen gue yang satu ini, Permana namanya. 

Gue                 : Eh, beneran kita bisa makan 5 ribuan ?
Permana          : Iya, dah sini mana kartu mahasiswa lu.
Gue                 : Nih, gue malu nih. Lu aja ya yang ke Kasir.
Nurdin             : Nih, gue juga.
Permana          : Ah, lu pada. Gue mah ga akan malu demi makan murah mah.

Berjalan lah permana menuju Kasir.

Permana          : Mbak, pesen paket promo student level 1,3,5.
Mbak2             : Oke, Minumnya mau apa mas ?
Permana          : 1 Strawbery susu, 2..... (Gue lupa nama minumannya apa).
Mbak2             : Oke, Mas semuanya jadi 45.000.
  Silahkan menunggu.

Ah, gila ternyata minumannya mahal. Makanannya sih iya 5 ribu satu. Tapi minumannya...... -_- (itung sendiri deh berapa). Gue kira, engga boleh bawa minuman dari luar. Eh, tapi ternyata setelah gue liat lingkungan sekitar, banyak orang – orang yang bawa minuman dari luar. Ah, jadi agak nyesel pesen minuman.

Akhirnya, makanan dateng (setelah kurang lebih 20 menit nunggu). Ya begini deh makanan murah meriah. Ada aja resiko yang engga terduga. Kalau engga lama nunggu, ya palingan rasanya kurang enak. Gue baru pertama kali makan di sini, katanya sih ayamnya pedes2 gmana gitu. Tanpa gue tau bagaimana rasa pedesnya, Permana ngasih gue ayam level 3. Nurdin level 1 dan dia sendiri level 5.

Ah ternyata pedes banget, minuman yang gue beli abis dalam sekejap. Dan rasanya penyesalan gue di awal jadi lebih berkurang. Untung aja beli minum, kalau engga apa nasibnya lidah gue. Dalam suasana menahan pedes itu. Gue pun berpikir.

“Level 3 aja pedes begini, apa lagi level 5”

Belum selesai gue mikir, gue liat mata Permana udah merah dan keringet terus bercucuran dari kepalanya. Mungkin, terlihat lebay. Tapi, serius itu lah yang terjadi kemarin.

Sambil liat Permana gue pun melanjutkan renungan gue.

“Ah, nih manusia. Apa maksudnya tau ciptain makanan pedes berlevel”
“Apa coba maknanya ?”
“Apa makanan pedes ini kaya hidup kita ya ?”

Kemudian gue berpikir..., hmm mungkin ini kali ya maksudnya.

“Semakin tinggi levelnya semakin pedes juga rasanya, semakin pedes rasanya semakin harus bersabar juga kita menahannya.  Dan kalau udah engga kuat, coba aja minum dulu baru lanjutin makan”
 
Makanan pedes yang dah abis karena bantuan minuman
Dan sepertinya ini berlaku juga dalam kehidupan kita.

“Semakin tinggi level masalahnya semakin berat juga rasanya, semakin berat rasanya semakin harus bersabar juga kita menahannya. Dan kalau udah engga kuat, coba aja santai dulu.Berdoa, merenung, istirahat, setelah itu baru deh cari solusi buat masalah kita”

Gue tau sepedes apapun makanan di dunia, engga akan ada yang lebih pedes dari rasa sakit orang yang hatinya terluka. Tapi gue juga tau....

“Sepedes apapun makanan yang kita makan, kita hanya perlu minum untuk menghapus rasa pedes itu dari lidah kita”

Ya itulah sedikit analogi ngaco gue,
Semoga kita semua bisa mencari minuman yang bisa ngehapus rasa pedes hidup kita.

Selamat malam Jum’at

Juno

1 comment :

  1. permana itu siapa mas ono? boleh saya minta CPnya. mau saya angkat jadi ajudan saya ngga?

    ReplyDelete