Sunday, November 25, 2012

Juno (lagi) bijak : Jodoh



Long weekend kemarin, gue baru aja dari Bandung. Kunjungan gue kali ini untuk ngelepas kangen dan nyelesain masalah dengan “dia” yang ada disana. Dan hasilnya, yeah sesuai harapan. Masalah selesai dan hubungan gue sama “dia” akhirnya membaik. *senyum bahagia

Klo kalian tanya,…

“No, ngapain aja di sana ? cerita dong pengalaman di bandung”


Maka gue akan jawab,…

“Ngapain aja deh…, pokoknya gue ngelakuin hal yang ga bisa gue lakuin sama Tomo”

*Hayoo… bayangin apa ? jangan ngebayangin yang engga2 ya….

Mungkin lain kali gue akan cerita pengalaman gue di bandung, tapi kali ini gue lagi pengen ngomongin “JODOH”. Jodoh tuh sebenernya apa ya ??? dalam perjalanan gue dari Bandung ke Jakarta pertanyaan itulah yang tiba – tiba nempel di kepala gue. Gue juga ga ngerti apa itu jodoh, jodoh adalah konsep nyata paling abstrak  sedunia. Ada tapi gaib, bener-bener gaib. Karena kegaibannya, sampai sekarang masih ada aja dosen gue yang belum dapet jodoh. Padahal dosen gue ahli banget dalam konsep belajar dan pembelajaran. Tapi, dia belum bisa belajar mencari jodoh.

“Loh ko jodoh dicari ? kan dah di tentuin. Ngapain kita nyari ?”

Itu adalah pertanyaan lugu gue, ketika gue masih SMP. Dan sampai sekarang gue  masih belum tau pasti, gmana cara jawab pertanyaan itu. Tapi, yang pasti…

“Uang ga akan dateng dengan sendirinya, begitu juga jodoh”

Terus gmana cara dapet jodoh ? pacaran ?

Jelas bukan, bagi kalian yang belum pacaran gue saranin jangan pacaran. Bagi kalian yang sedang pacaran, selesaikan dengan “cantik”. Pacaran adalah konsep yang lebih abstrak dari Jodoh. Bener – bener ga berbentuk. Siapa pencetusnya ? Siapa yang mempopulerkan ? Siapa ? Si Tomo ?  Ah ga tau lah. Abstrak dan Rumit.

“Kenapa No ? ko lu bilang Pacaran tuh abstrak, lebih abstrak dari jodoh ?”

Jelas aja abstrak, karena gue ga ngerti. Gmana 2 manusia, cewe dan cowo yang tadinya ga saling kenal akhirnya saling kenal. Lalu, saling bilang sayang tanpa ada status yang jelas.

“Jelas ko statusnya, kan statusnya Pacaran ?”

Apa yang jelas dari status Pacaran ??? lu bisa putus kapan aja. Bahkan di beberapa kasus temen gue, dia bisa pacaran beberapa kali.

“ Ko lu putus ? kenapa ?”
…..
“ Ga cocok aja”
“Ya mau gmana lagi, klo di paksain ntar saling nyakitin”
“Dah ga se visi dan se misi”
“Ga enak”
“Pengen aja”
“Pengen ngeistirahatin hati”

Bahkan Amri pernah ngomong sama gue,…

“Pacaran tuh punya siklus. PDKT, Pacaran, Putus, PDKT lagi”

Jawaban – jawaban itu lah yang sering gue denger ketika seseorang mengakhiri status pacaran. Pacaran semakin abstrak karena ga ada janji yang ngejaga status itu. Ga mungkin kan lu ngelakuin janji pacaran layaknya janji pernikahan.

“Saya terima si Ana sebagai pacar saya dengan seperangkat alat shalat di bayar tunai”
*lalu saksi ngomong
“sah-sah”
“Alhamdulillah”

Ga mungkin kan…, Bener-bener ga mungkin. Jadi, sebenernya gmana cara cari jodoh ??? gue galau (lagi), gue ga tau apa jawabannya. Akhirnya gue putusin untuk bertanya ke media social sejuta umat yang mulai di tinggalkan, Facebook.


Setelah percakapan itu, gue akhirnya cek pulsa, *teken *555#  lalu teken OK


“Pulsa anda saat ini Rp 100……”

Itu artinya gue ga bisa ngelanjutin percakapan seru itu. Tapi, yang bisa gue simpulin dari percakapan diatas, untuk mencari jodoh lu hanya perlu meningkatkan kapasitas diri lu. Mau punya calon yang baik, rajin, pinter, kaya. Berarti lu harus bisa baik, rajin, pinter, dan bekerja keras. Setelah lu meningkatkan kapasitas diri lu maka jodoh akan berjalan dengan semestinya. Ketika lu meningkatkan kapasitas diri lu, maka lu akan seperti…

“Berlian yang ada di tengah-tengah duit receh. Begitu berkilau dan mudah ditemukan”

Jadi, masuk akal kalau ada yang bilang “ga perlu pacaran kalau untuk cari jodoh”. 

Terus gmana nih, Gue kan dah pacaran ? Iya, sama gue juga. Kalau gue sih LDR jadi ga pusing mikirin rutinitas pacaran seperti kalian-kalian itu. (*tertawa penuh kemenangan) Sebenernya LDR tuh sama abstraknya dari pacaran “normal”, bahkan mungkin lebih abstrak. Tapi setelah perjalanan gue sepanjang 180km di long weekend kemarin itu. Sekarang gue jadi lebih santai dan sadar. Yang perlu gue lakuin sekarang adalah terus meningkatkan kapasitas diri gue. Seperti yang Danur bilang.

“Jodoh sama kaya rejeki, kalau dah rejeki mah ya ga kemana”

Oke, kepala gue semakin pusing dan mungkin sebentar lagi hidung gue mimisan. Jodoh kayanya pembahasan yang terlalu rumit bagi otak gue. Dan sekarang hujan tiba-tiba turun dirumah gue, seolah langit nangis liat tulisan gue.

Selamat hari minggu.
Selamat meningkatkan kapasitas diri, selamat mencari jodoh.

Ciee….. Jodoh….,“Jodoh…..Di manakah kau berada… Rindu aku…. ingin jumpa…..”

Juno 

No comments :

Post a Comment