Tuesday, July 2, 2013

Arti dibalik “OcehanJuno”


Beberapa hari yang lalu ada pembaca (temen gue) komen disalah satu tulisan gue. Dia tanya begini, “ceritain dong kenapa namanya juno ?”. Sebuah pertanyaan yang penting, karena begitu penting pertanyaan itu. Makanya gue secara khusus ngejawab pertanyaan itu dalam tulisan gue kali ini.



OcehanJuno berawal ketika gue udah pusing banget ngehadapin dia. Entah kenapa cewe tuh suka banget bikin cowo pusing atau memang itu kodrat cewe. Atau mungkin gue yang terlalu lemah. Entahlah. Daripada pusing mikirin itu lebih baik gue lanjutin dari mana kata OcehanJuno berasal.

Juno di ambil dari nama gue dan dia. Ju untuk Julia dan No untuk Ono.

Ocehan menurut KBBI adalah
ocehan
oceh.an
[n] perkataan yg bukan-bukan; celoteh; omongan: jangan dengarkan -nya

Jadi, OcehanJuno artinya Si Ono ngomongin ini itu celoteh ini itu karena Julia. Agak kekanak – kanakan memang. Tapi, mungkin inilah cara gue menyalurkan emosi gue. Ya, emosi gue tersalurkan lewat tulisan. Dari pada gue berkata kasar membabi buta sama dia, gue lebih milih nuangin emosi gue kedalam blog ini. Karena gue tahu, tanpa bicara pun. Dia diam-diam membaca tulisan ini.

Seiring berjalannya waktu, gue jadi menikmati setiap kata yang gue tulis diblog ini. Blog ini bukan cuma jadi tempat gue menyalurkan emosi gue. Tapi, blog ini menjadi tempat gue berbagi cerita tentang kekonyolan temen gue dan peristiwa yang ada disekitar gue. Gue harap blog ini bisa menjadi “kapsul waktu”. Menjadi sebuah cacatan bagi anak cucu gue dan semoga menjadi kisah yang penuh makna.

Udah, sekitar 8 bulan blog ini beroperasi udah ada puluhan cerita yang gue bagi. Semoga akan ada ratusan bahkan ribuan cerita lagi. Atau bahkan mungkin dibukukan :p Setiap cerita di sini menunjukkan sisi melankolis gue, sebuah sisi yang terkadang engga gue suka. Karena sisi itu menunjukkan betapa lemahnya gue. -_-

Pasca putus dari Julia, untuk sebuah alasan gue masih pakai “Juno” disetiap akhir tulisan gue di blog ini. Juno disini bukan lagi Julia dan Ono. Tapi, Juragan Ono (baru mikir tadi). Agak kurang keren memang. Itu karena gue belum menemukan yang “lain”.

Ya begitulah, arti di balik OcehanJuno. Semoga menjawab pertanyaan dari saudara satrio.

Oh ya, hari ini Julia ulang tahun,  yuk kita bareng2 ngucapin.

Selamat Ulang Tahun Julia..... Semoga makin dewasa dan semua harapannya terpenuhi :)



  
  
Juno

4 comments :

  1. keren banget mas ono. kalo semua emosi disalurin ke arah yang positif pasti masalah itu berangsur angsur akan hilang. yakin deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. (nih kri gue bales komen lu) iya makasih hakri bosnia.... :D

      Delete
  2. Juno itu salah satu nama kota di game Ragnarok Online dulu heheee, *salam kenal, kunjungan balik ya :D*

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha engga tau, tua banget tuh game. sekarang dah keluar Ragnarok Online 2. Om, udah pernah traveling ke pantai klayar pacitan belum ?

      Delete