Wednesday, July 17, 2013

Juno (lagi) bijak : Bertanya penting engga sih ? (Part 2)



Waktu itu Richard akan pergi ke konferensi TED ( Technology, Entertainment, Design) di California. Disebelahnya duduk seorang gadis remaja. Gadis itu berasal dari keluarga yang kurang mampu, orang tuanya berpisah, dan akhirnya dia harus tinggal bersama kerabatnya.

Ketika Richard sedang sibuk dengan laptopnya. Gadis itu antusias bertanya tentang pekerjaan Richard. Sampai akhirnya dia bertanya...

“Apakah anda orang sukses ?”

Lalu Richard menjawab...

“Bukan, aku bukan orang sukses. Oprah, dia sukses besar, atau pahlawanku Terry Fox, atau seorang anak yang berlari ribuan mil dengan kaki buatan, dan mendapatkan jutaan dolar untuk penelitian kanker. Atau Bill Gates, seorang pria yang memiliki pesawatnya sendiri, dan tidak perlu duduk di sebelah anak yang bertanya terus.”

Gadis itu pun tertawa. Lalu Richard bercerita tentang prestasinya di bidang bisnis dan olahraga. Setelah Richard menceritakan semua itu, gadis itu berkata...

“Kamu sudah sukses. Jadi, apakah kamu seorang jutawan ?”

Richard menjawab...

“Ya, aku seorang jutawan, tetapi saya tidak tahu bagaimana itu bisa terjadi. Saya tidak mengejar uang, dan uang tidak terlalu penting bagi saya”

Gadis itu pun berkata...

well, bagiku uang sangat penting. Aku tidak ingin lagi menjadi orang miskin. Aku ingin pergi ke suatu tempat, tapi tampaknya hal ini tidak akan mungkin terjadi karena aku tidak terlalu pintar. Prestasiku di sekolah tidak bagus.”

Richard pun berkata...

So What ? aku tidak pintar. Aku nyaris saja tidak lulus SMA. Aku tidak pernah terpilih menjadi Most Popular atau Most Likely to Succeed. Tidak ada seorang pun yang mengira aku akan berhasil, termasuk diriku sendiri. Aku tidak memiliki keunggulan apa – apa, tetapi aku meraih sukses, dan menjadi jutawan. Jadi, jika aku bisa, kamu pun bisa.”

Lalu muncul lah satu pertanyaan besar dari gadis itu...

“APA YANG BENAR – BENAR MEMBUATMU SUKSES ?”

Richard merasa kaget ketika ditanya seperti itu, dia menjawab...

Sorry, aku tidak tahu. Kayaknya, itu terjadi begitu saja.”

Sejak saat itu Richard jadi ngerasa engga enak karena engga bisa jawab pertanyaan gadis itu dan dia berpikir dan terus berpikir...

“SEBENARNYA APA YANG MEMBUAT ORANG MENJADI SUKSES ?”

Karena pertanyaan itulah, akhirnya Richard menghabiskan waktu sepuluh tahun mewawancarai lebih dari 500 orang sukses didunia. Semua itu dia lakukan untuk mencari jawaban dari pertanyaan nya itu. Nah, coba liat bagaimana satu pertanyaan bisa membuat Richard seperti itu. Inilah yang gue maksud dengan
 
“Sebuah pertanyaan akan membuat “Lompatan” besar dalam kehidupan kita”

Bersambung ke part 3

No comments :

Post a Comment