Tuesday, March 11, 2014

Amazing Race Ruang Belajar


Halo, apa kabar ? udah lama ya, engga bercerita. Padahal perjalanan untuk menciptakan dunia yang dapat bercerita masih panjang. Sekarang, gue mau meneruskan perjalanan itu.

---

Let’s read my story.

Tanggal  23 Februari 2014, jadi hari yang cukup melelahkan. Melelahkan karena harus naik motor dari Semper Barat ke Kebun Binatang Ragunan. Seberapa melelahkan perjalanan itu ? coba perhatikan peta di bawah ini dan bayangkan perjalanannya.


Jarak terdekat dari Semper Barat ke Kebun Binatang Ragunan = 33 km. Google map bilang jarak itu bisa ditempuh dengan waktu 48 menit. Bohong, itu bohong !!!

Dengan kondisi jalan berlubang pasca banjir ditambah dengan truk besar yang berlalu lalang dan Metromoni yang suka berhenti sembarangan. Waktu 48 menit adalah MUSTAHIL. BENER – BENER MUSTAHIL.

Semua kondisi itulah yang akhirnya menguras tenaga dan membuat pantat jadi panas. Tapi, tenang. Pantat yang panas engga membuat hati ikutan panas. Semua rasa lelah dan panas itu akhirnya terbayarkan setelah bertemu orang – orang hebat ini. Inilah mereka, peserta gathering pertama Ruang Belajar.

Peserta Gathering Pertama Ruang Belajar "Amazing Race"

Ini adalah gathering pertama Ruang Belajar. Gathering yang mempertemukan antara Relawan Ruang Belajar dan Followers dari @RuangBelajarID.

Apa sih Ruang Belajar ?

Ruang Belajar adalah portal yang berisi kumpulan metode pembelajaran kreatif yang telah digunakan oleh para Pengajar Muda di sekolah – sekolah tempat mereka bertugas. Hingga saat ini, Ruang Belajar telah menghimpun lebih dari 150 artikel metode pembelajaran kreatif dengan rata – rata jumlah kunjungan per bulan mencapai 40 ribu. Ruang Belajar dapat di akses di belajar.indonesiamengajar.org.

Untuk tahu tentang Relawan Ruang Belajar, kunjungi ini >>> https://indonesiamengajar.org/kabar-terbaru/ayo-jadi-relawan-ruang-belajar

Yang belum kenal Pengajar Muda, Kunjungi ini >>> https://indonesiamengajar.org
 
Oke, kita kembali lagi ke Kebun Binatang Ragunan. Acara gathering pertama ini bertema Amazing Race.

Peserta di bagi menjadi 3 kelompok, masing – masing kelompok beranggotakan tiga orang. Masing – masing kelompok punya satu tujuan yaitu memecahkan 3 soal yang sudah dipersiapkan. Kelompok yang paling cepat menyelesaikan soal maka mereka lah pemenangnya. Soal dikirim melalui WhatsApp. Setelah soal pertama di kirim, soal kedua baru akan dikirim kalau soal pertama sudah benar. Begitu seterusnya. 

Keren kan, serasa main Running Man :p

Amazing race berjalan dengan seru. Selain bikin kompak, Amazing Race sukses menguras sedikit lemak di badan gue. Karena kita harus keliling kebun binatang ragunan untuk bisa nyelesaiin soal yang dikirim. Lumayan lah, olahraga di minggu pagi. Ini dia beberapa dokumentasinya.

Lagi Asik Baca Soal
Games pertama : cari bekantan dan buat telepon tali untuk seolah-olah bicara dengannya.
Games kedua : cari jerapah, buat miniaturnya dari plastisin, lalu foto bareng jerapah aslinya.
Games ketiga : Cari Unta, buat gambar unta dari susunan bangun datar.

Setelah Amazing Race acara di lanjutkan dengan makan siang bersama. Itu sih bagian paling enak. Makan- makan.

Ya kan seru…, semoga ada Amazing Race season selanjutnya.
Semoga Amazing Race selanjutnya di Dufan, Trans Studio Bandung, Lego Land Malaysia, Universal Studio Singapura, Disney Land Hongkong.
Amin... :)

Segitu dulu ya... ceritanya. Tunggu cerita - cerita selanjutnya.

Salam

Juno 

No comments :

Post a Comment