Saturday, August 17, 2013

I Love You Just The Way You Are Part 1

Apa  arti ibu bagi kalian ? Apa dia malaikat tanpa sayap ? Apa dia manusia yang melebihi manusia biasa ? Ibu, bagi gue adalah segalanya. Tanpa dia gue engga akan ada dan engga akan jadi apa – apa. Ibu, bagi gue adalah wanita yang penuh ketulusan. Lebih tulus dari pada pacar yang entah ada dimana.

Tapi, apa iya ibu itu tulus ? tapi ko dia sering marahin gue ? Apa itu namanya tulus ? tulus marahin gue gitu ??? hah ?!

Engga ada asap kalau engga ada api. Begitu juga dengan ibu, Engga akan marah kalau kamu engga salah. Seorang ibu cuma berharap yang terbaik buat anaknya. Jadi, jangan heran kalau tiba – tiba dia marah saat kamu ambil jalan yang salah. Ketika, dia marah sebenernya dia cuma mau bilang...

“Nak, Jangan kesitu didepan kamu ada jurang. Ayo sini” *sambil senyum

Kalau kalian pernah nonton film Cinta Brontosaurus nya Raditya Dika, kalian mungkin pernah denger kalimat ini.

“Lama – lama cinta itu bisa Kadaluarsa”

Dan mungkin itu bisa aja bener. Tapi, bagi gue cinta ibu engga akan pernah kadaluarsa. Karena apa ? karena ibu punya pengawet cinta paling dahsyat sedunia, KETULUSAN. Ya, KETULUSAN adalah pengawet cinta paling dahsyat sedunia. Engga  ada hal lain yang bisa membuat cinta terus ada dan terbarui kecuali KETULUSAN. KETULUSAN ini pula lah yang membuat gue bisa kuliah sampai hari ini. Ya, kalau di pikir – pikir gue bisa kuliah sampai hari ini, karena KETULUSAN ibu gue.  Beliau tulus ngebayarin biaya kuliah gue.

Kalau melihat lebih jauh ke belakang, ketulusan beliau makin terlihat dan bener – bener bisa bikin gue nangis.

Sekitar 14 tahun yang lalu, saat keluarga gue baru aja hijrah ke Jakarta dan kehidupan ekonomi keluarga gue masih belum seperti sekarang ini.

Ibu gue selalu bangun jam 4 pagi, beliau pergi kedapur lalu memasak nasi uduk.  Nasi uduk itulah yang membantu ayah gue menafkahi keluarga kami. Nasi uduk itu pula lah yang menemani tumbuh kembang anak – anaknya. Memang bukan nasi uduk terenak se Jakarta. Tapi, nasi uduk buatan ibu adalah nasi uduk termanis sedunia. Bukan rasanya yang manis, tapi kenangannya lah yang manis.

Dia melakukan kegiatan itu hampir 6 tahun lamanya, 6 hari dalam seminggu.  Apa dia lelah ? Apa dia pernah mengeluh ? Ya, tentu aja. Karena ibu juga manusia. Tapi, sekali lagi dia melakukannya dengan ketulusan. Ketulusannya terlihat dari senyum dan sorotan matanya yang indah.

Sore harinya ibu sibuk menuang teh kedalam kantung plastik. Di tuangkannya perlahan teh kedalam kantung, lalu diikat, dan di masukkan kedalam lemari es satu persatu. Lemari es itu sampai sekarang masih ada, lemari es kecil berpintu satu yang menjadi saksi kedekatan gue dengan ibu.

Di balik segala romantisme yang udah gue ceritain, sebenernya banyak momen menyebalkan yang terjadi antara gue dan ibu gue. 
 
Suatu waktu gue pernah berpikir, “ah ibu gue nyebelin banget, masa gue ga boleh ngelakuin ini itu, ah males lah gue sama dia”. Tapi, kayanya tuhan bener – bener lagi baik sama gue. Ketika gue lagi berpikir seperti itu. Tiba – tiba temen gue bilang kaya gini...

“Coba deh biasain sebelum tidur, lu sisihin waktu 5 menit. Lu tatap wajah ibu lu, lu perhatiin tiap kerut di wajahnya, dan habis itu lu tutup mata. Bayangin kalau semua itu engga akan bisa lu liat lagi...”

Ah, gila. Nusuk banget kalimatnya. Gue pasti akan sedih banget kalau engga bisa lihat wajah ibu gue lagi. Kita memang baru akan benar – benar merasa kehilangan ketika semuanya benar – benar udah engga ada. Dan gue engga mau hal itu terjadi sama diri gue. Sejak saat itu gue jadi lebih menghargai ibu gue.

Lanjut ke part 2 >>> http://ocehanjuno.blogspot.com/2013/09/i-love-you-just-way-you-are-part-2.html

Postingan ini diikutsertakan dalam Giveaway 4th Anniversary Emotional Flutter

 

4 comments :

  1. “Kita tidak pernah bisa memilih lahir di mana, di keluarga seperti apa, dan menjadi apa. Tapi setelah kita lahir kita bisa menjadi apa pun yang kita inginkan”

    Setuju banget. Orang tua, meskipun ada kekurangan, tapi pasti mereka selalu berusaha memberikan yg terbaik bagi anak2nya =)

    Thanks udah ikutan giveaway Emotional Flutter ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,

      Terima Kasih Kembali,
      Walaupun engga menang tapi gue seneng tulisan gue dibaca :D

      klo lu sempet baca balasen gue ini
      minta komentarnya dong tentang tulisan gue ini

      Thank you :)

      Delete
  2. Terharu sy kl cerita ttg ortu.. Bahkan kdang beliau lalai akn ibdahnya krn bekerja demi mghidupi kita. ;( *merasa brsalah* udh gitu, kdg masih aja ngmong pke nada tinggi ke beliau. *istighfar dah* ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai anak kita harus ingetin juga :)

      Makasih udah berkunjung

      Delete